Sabtu, 02 Juni 2012

Yuk belanja gadget di IT Mall Center Point



Foto: Harstwin
Seorang ibu menemani anaknya mencoba gadget di salah satu outlet lantai 2 IT Mall Center Point Solo, Jumat (1/6).

Membuat tulisan tentang keberadaan Information Technologi (IT) Mall yang ada di Kota solo ternyata gampang-gampang susah. Secara logika seharusnya memang gampang, karena  di jaman modern ini setiap saat kita selalu berurusan dengan produk-produk IT. Namun kenyataannya ketika penulis mengajak teman-teman untuk berbicara secara spesifik tentang IT Mall di Kota Solo, penulis menangkap respon yang beragam, tak seperti yang penulis harapkan.
Tentu saja hal ini membuat penulis merasa tertantang untuk menggali lebih dalam lagi, pendapat masyarakat tentang IT Mall khususnya yang berada di daerah Purwosari Solo ini. Hal pertama yang ingin penulis lakukan adalah bertanya sebanyak-banyak pada semua orang. Akan tetapi hal ini tentu akan menyulitkan. Sehingga penulis memutuskan untuk melakukan wawancara kepada teman-teman di sekolah, wawancara kepada teman-teman facebook yang usianya sebaya dan wawancara kepada teman-teman facebook yang usianya sudah dewasa.
Berikut hasil wawancara penulis, yang dimulai dari teman-teman sekolah. Penulis mengajukan pertanyaan secara langsung sebagai berikut,” Numpang Tanya,  biasanya kalau teman-teman mau ganti gadget, computer atau produk it yang lain, survey dan belinya di mana? Di IT Mall atau toko?”
Dari sepuluh teman-teman sekolah penulis yaitu di SMP Negeri 2 Boyolali, lima di antaranya menyatakan mereka membeli produk-produk IT di Mall. Tetapi mereka melakukan survey terlebih dahulu dengan googling di internet. Dua teman yang lain menyatakan mereka membeli toko dengan alasan tidak usah pergi jauh-jauh ke Kota Solo. Sedang tiga orang sisanya menyatakan kadang ke IT Mall kadang ke toko.
Pendapat di atas tentu saja hanya mewakili kelompok anak usia SMP dan untuk wilayah kota kecil yang jauh dari pusat Kota Solo. Karenanya pertanyaan yang sama penulis lontarkan pada teman-teman penulis di wall Facebook, yang keberadaan mereka tersebar di berbagai kota. Namun ternyata jawaban mereka tidak jauh berbeda. Bahkan beberapa di antaranya menyatakan, walaupun mereka tinggal di kota besar, namun keputusan untuk membeli produk IT harus dilakukan bersama orang tua mereka sambil jalan-jalan sekeluarga ke mall. Alasannya tentu saja karena mereka tidak membeli dengan uang mereka sendiri melainkan dibelikan oleh orang tua mereka. Masuk akal.
Pertanyaan serupa penulis ajukan juga ke responden yang telah berusia dewasa. Sebetulnya bukan perkara mudah untuk bertanya kepada orang yang telah berusia dewasa. Jadi penulis menuliskan pertanyaan tersebut numpang di wall facebook orang tua penulis. Hasilnya sungguh luar biasa. Karena berbagai jawaban masuk dan memberikan pandangan lain.
Berikut pertanyaannya, “Numpang Tanya,   biasanya kalau bapak ibu mau ganti gadget, computer atau produk it yang lain, survey dan belinya di mana? Mall atau toko? Maturnuwun.” Mayoritas kelompok orang dewasa ini memberikan jawaban yang secara garis besar meliputi tahap-tahap sebagai berikut;
1.       Untuk mencari tahu perkembangan produk-produk IT mereka melakukan survey terlebih dahulu melalui internet. Seperti yang dituliskan oleh bapak Nova Ardian Wibowo seorang karyawan bank swasta nasional pada wall orang tua penulis,”Kalau saya mau membeli gadget biasanya tanya ke eyang google dulu dek.”
2.       Selanjutnya setelah punya pandangan akan produk IT yang diinginkan mereka akan mendatangi IT Mall untuk melihat produk aslinya dan mencoba kinerjanya. Mereka memilih IT Mall karena mudah di akses, banyak pilihannya, jam buka sampai malam dan bisa mencoba produk sepuasnya. Hal ini juga ditandaskan oleh Mas Galih Reza Suseno seorang seniman lulusan Perguruan Tinggi di Solo, “Kalo mau membeli gadget jangan terburu-buru dek. Datang aja ke IT Mall. Di sana banyak barang-barang baru yang bisa dicoba dulu biar tidak kecewa. Kalau saya sih karena tinggal di Jogja biasanya ke Jogjatronik, tapi denger-denger di Solo sekarang juga ada IT Mall yang lengkap. Coba aja ke IT Mall di Center Point”
3.       Terakhir, setelah mereka yakin dengan barang yang akan dibeli, ternyata cara pembayarannya pun ada pertimbangan khusus. Seperti yang dikatakan oleh ibu Niken Anas seorang karyawan salah satu media massa di Solo, “Pokoknya kalau bisa dek yang bisa dikredit 12 bulan dengan bunga 0%.
Berbagai pendapat di atas tentu saja bisa menjadi rujukan bagi kita jika akan berbelanja produk IT. Sejujurnya, terkadang penulis juga merasa bingung ketika akan membeli. Hal ini dikarenakan begitu gencarnya iklan-iklan di berbagai media massa yang disampaikan sedemikian rupa menarik, sehingga pada akhirnya yang tertangkap oleh pemirsa semuanya bagus. Sering kita terbujuk oleh iklan dan memutuskan membeli produk IT, namun setelah dicoba di rumah ternyata fungsinya tidak seperti yang kita harapkan.
Dengan adanya IT Mall Center Point Solo, mestinya hal tersebut tidak perlu terjadi. Sebab sambil jalan-jalan kita bisa mencoba dan memilih produk IT yang kita inginkan sebelum membelinya, tanpa perlu merasa ragu. Sebab begitu banyak pilihan ada di sana. Sehingga suasana persaingan antar penjual mengkondisikan mereka untuk menawarkan dengan ramah dan menarik, walaupun mungkin pembeli belum memutuskan untuk membeli. Apalagi IT Mall Center Point Solo buka dari pagi sampai malam, sehingga kita tinggal mengatur waktu longgar kita untuk berkunjung ke sana. Selamat berbelanja!

Catatan : 
Artikel ini dibuat untuk mengikuti lomba penulisan di IT Mall Center Point Solo,
oleh: Harstwin.
Mohon like dari temen temen ya...

0 komentar:

Posting Komentar