Kamis, 05 April 2012

Istilah yang Sering Muncul di Twitter


Twitter juga merupakan salah satu jejaring sosial yang cukup populer di dunia selain Facebook. Kesederhanan dan serta kemudahannya memberikan daya tarik tersendiri bagi penggunanya.140 karakter merupakan salah satu keunikan dari Twitter yang membedakannya dengan jejaring sosial lain. Nah, kali ini Rendra akan membahas sedikit istilah-istilah yang sering kita jumpai di Twitter. Tentunya khusus bagi #newtwitter saja seperti Rendra ini.

Tweet merupakan hal yang sangat vital di Twitter. Kalau dalam Facebook, Tweet identik dengan Status. Tapi tidak sesimple itu. Tweet juga merupakan cara seseorang di Twitter untuk berkomunikasi kepada orang lain. Sebuah Tweet dapat kita ciptakan dengan mengetikannya di kolom yang telah disediakan.

Username merupakan identitas unik kita di twitter yang tidak ada satupun di dunia yang menyamainya. Username digunakan sewaktu kita akan login. Selain itu fungsi utama username adalah untuk mengarahkan maksud tujuan sebuah tweet ke seseorang. Contohnya Rendra ingin mengirimkan tweet ke teman Rendra yang mempunyai usename @blablabla maka Rendra akan menulis username tersebut di kolom tweet kemudian diikuti pesan yang ingin Rendra sampaikan.

Timeline merupakan beranda kita dimana tweet dari orang-orang yang kita follow muncul. Semakin banyak orang yang kita follow, maka biasanya akan semakin cepat pula timeline tersebut berubah karena semakin banyak tweet dari berbagai orang yang kita follow tersebut.

Followers adalah orang-orang yang mengikuti kita. Followers akan selalu mendapat pembaharuan Tweet terbaru kita di timelinenya. Kita juga bisa menjadi seorang Follower dengan cara mengklik tombol Follow di Profil Twitter seseorang.

Following adalah kebalikan dari Followers yaitu orang-orang yang kita ikuti/follow. Perlu diingat! Kita tidak bisa mengirimkan Direct Message atau pesan pribadi kepada orang yang kita follow sebelum mereka memfollow kita.

Hashtag adalah kata-kata dalam tweet yang diberi awalan tanda pagar. Hashtag digunakan untuk mengumpulkan tweet yang mengandung hashtag yang sama. Contoh:
Pagi ini kok #cuaca panas sekali ya??
hashtag #cuaca tersebut seolah-olah akan menjadi sebuah link yang kemudian bila diklik, akan memunculkan tweet yang didalamnya disertakan hashtag yang sama dari seluruh pengguna twitter.

Trending Topic adalah topik yang sering muncul dalam selang waktu yang sama dari seluruh tweet di dunia. Trending Topic selalu berubah setiap harinya sesuai event-event besar yang terjadi. Contohnya ketika Final Piala AFF yang lalu, “#garudafightsback” menjadi trendingtopic nomor satu dalam beberapa jam karena banyak pengguna Twitter Indonesia yang mendukung Timnas dengan menyertakan kata tersebut di Tweetnya. Keesokan harinya Trending Topic  tersebut sudah hilang dan yang ada adalah “#malaysiacheatlaser” karena banyak pengguna Twitter Indonesia mengetikkan tweet dengan menyertakan hashtag tersebut 

Retweet adalah salah satu cara untuk mengcopy atau mengulang tweet dari orang lain. Istilah lainnya adalah RT.  Retweet sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara menekan tombol Retweet di bawah tweet seseorang. Namun dengan cara ini kita tidak bisa mengeditnya langsung terlebih dahulu. Agar bisa mengeditnya kita memerlukan aplikasi client Twitter seperti Tweetdeck untuk komputer Dekstop atau Snaptu yang biasanya Rendra gunakan di Hape.

0 komentar:

Posting Komentar